Forum

  • Top Poster
  • Website Utama

Looks like your connection to Forum was lost, please wait while we try to reconnect.

  1. Beranda
  2. Kategori
  3. Penyelesaian Sengketa
  4. Success story LPKSM dalam peningkatan pemberdayaan konsumen dan/atau penyelesaian sengketa konsumen

Success story LPKSM dalam peningkatan pemberdayaan konsumen dan/atau penyelesaian sengketa konsumen

Penyelesaian Sengketa
7
7
743 views
Memuat Lebih Banyak Posting
  • Terlama ke Terbaru
  • Terbaru ke Terlama
  • Vote Terbanyak
Balas
  • Balas sebagai topik
Masuk untuk membalas
Topik ini telah dihapus. Hanya pengguna dengan hak manajemen topik yang dapat melihatnya.
  • Hukumonline
    Hukumonline Terakhir diubah oleh, Hukumonline

    Salah satu peserta dari perwakilan LPKSM harus menulis salah kasus keberhasilan (success story) dari LPKSM-nya dalam peningkatan pemberdayaan konsumen dan/atau penyelesaian sengketa konsumen.

    S 0 2 Balasan Balasan terakhir Balas Kutip 1
    • Gunawan
      Gunawan Terakhir diubah oleh,

      1. Pernah mendampingi sengketa konsumen Pembeli Mobil di Nasmoco dan berakhir dengan pemenuhan hak Konsumen untuk mendapatkan Mobil
      2. Pendampingan terhadap sengketa waris yang berakhir pada pemenuhan hak ahli waris terhadap harta waris
      1 Balasan Balasan terakhir Balas Kutip 0
      • P
        putuarmaya Terakhir diubah oleh,

        @hukumonline Dri YLPK Bali,

        1. Menerima pengaduan dan Advokasi konsumen dan bekerjasama dengan BPSK Kota Denpasar artinya dalam menangani sengketa konsumen YLPK Bali tetap bersinergi dg BPSK
        2. Edukasi Konsumen melakukan pendidikan konsumen, melalui Media Radio, TV lokal di Bali dengan tujuan agar Konsumen mengetahui hak haknya yang tertuang di UUPK
        1 Balasan Balasan terakhir Balas Kutip 0
        • D
          dudung mundjadji Terakhir diubah oleh,

          LPKSM PERAK Kuningan menerima keluhan dari beberapa penghuni sebuah perumahan mengenai berkurangnya Ruang Terbuka Hijau (RTH) karena lahan dipergunakan untuk bangunan lain (ruko).
          setelah dilakukan mediasi antara konsumen dengan pihak pengembang akhirnya pihak pengembang bersedia mengganti RTH dengan ukuran yang lebih luas seseuai dengan yang diwajibkan dalam peraturn yang berlaku yaitu Undang-undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang menyatakan bahwa setiap kota harus meyediakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) minimal 30% dari luas wilayah kota dimana 20% berupa RTH publik dan 10% berupa RTH private.

          1 Balasan Balasan terakhir Balas Kutip 0
          • D
            dedy_MKNGRN Terakhir diubah oleh,

            Beberapa kegiatan rutin kami di LPKSM Mangkunegaran Kabupaten Kendal adalah penyelenggaraan edukasi kepada masyarakat sekitar baik melalui forum diskusi, penyuluhan maupun seminar dengan menggandeng pemerintah, kepolisian maupun akademisi kampus. Selain itu kami juga ikut berperan aktip dalam monitoring metrologi tera bersama dinas metrologi dan tertib ukur kabupaten, serta pengawasan barang dan jasa yang beredar dilingkungan. Adapun kegiatan advokasi, paling banyak masih didominasi pengaduan konsumen koperasi, fintek P2P, finance dan lembaga keuangan bank/non bank. Bahkan beberapa bulan terakhir banyak masyarakat kelompok korban arisan online.

            https://suryanenggala.id/2020/10/20/mengejutkan-swalayan-aneka-jaya-kendal-menjual-produk-tak-sesuai-label-dari-merk-gulaku-dan-merubah-kemasannya/

            https://suryanenggala.id/2020/10/15/warga-diresahkan-oleh-adanya-kabel-yang-diduga-milik-anak-pt-pln-persero/

            1 Balasan Balasan terakhir Balas Kutip 0
            • 0
              02driantini @Hukumonline Terakhir diubah oleh,

              @hukumonline keberhasilan LKY dalam penyelesaian sengketa:

              1. Penyelesaian sengketa
              2. Advokasi kebijakan
              3. Pendidikan konsumen

              Penyelesaian sengketa, LKY menyelesaikan sengketa-sengketa konsumen yang dilaporkan oleh masyarakat, penyelesaian dilakukan secara non-litigasi (mediasi)

              Advokasi kebijakan : LKY memberikan masukan kepada pihak-pihak terkait baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah terkait kebijakan-kebijakan yang mengatur perlindungan konsumen

              Pendidikan konsumen: LKY melakukan pelatihan-pelatihan penyelesaian sengketa konsumen oleh masyarakat yang dalam hal ini melalui KKS (kelompok konsumen sadar)

              1 Balasan Balasan terakhir Balas Kutip 0
              • S
                Santoso Wahyu W @Hukumonline Terakhir diubah oleh,

                @hukumonline
                1.Kepuasan dalam menyelesaikan permasalahan kredit macet di salah satu BPR swasta di kab. Wonogiri yaitu dengan dialog pimpinan lembaga tersebut hingga mengerucut suatu angka penyelesaian yang di setujui kedua belah pihak. Dan akhirnya selesai dalam 3 x pertemuan.
                2. Penarikan produksi minuman air dalam kemasan pada produksi hari itu dalam sehari produksi yang terindikasi ada banda asing. Dengan pemberian kompensasi kerugian kepada konsumen dan penggantian barang yang sudah dibeli dengan barang baru.

                1 Balasan Balasan terakhir Balas Kutip -1
                • Sebelumnya
                • Selanjutnya
                • 1 / 1
                • Postingan pertama
                  Postingan terakhir

                Share this post

                Konsumen Cerdas Forum diskusi daring tentang hukum dan perlindungan konsumen. Ceritakan pengalaman Anda sebagai konsumen atau temukan solusi dari pengguna lainnya dengan bergabung di Forum Konsumen Cerdas.
                [email protected]
                • Pedoman Perilaku Bisnis
                • Klinik Hukum
                • Berita
                • Infografik & Video
                • Pusat Data
                • Analisis
                • Kegiatan
                • Direktori
                GIZ
                Hukum online
                Copyright 2021. All Rights Reserved
                Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi