Success story LPKSM dalam peningkatan pemberdayaan konsumen dan/atau penyelesaian sengketa konsumen
-
Salah satu peserta dari perwakilan LPKSM harus menulis salah kasus keberhasilan (success story) dari LPKSM-nya dalam peningkatan pemberdayaan konsumen dan/atau penyelesaian sengketa konsumen.
-
- Pernah mendampingi sengketa konsumen Pembeli Mobil di Nasmoco dan berakhir dengan pemenuhan hak Konsumen untuk mendapatkan Mobil
- Pendampingan terhadap sengketa waris yang berakhir pada pemenuhan hak ahli waris terhadap harta waris
-
@hukumonline Dri YLPK Bali,
- Menerima pengaduan dan Advokasi konsumen dan bekerjasama dengan BPSK Kota Denpasar artinya dalam menangani sengketa konsumen YLPK Bali tetap bersinergi dg BPSK
- Edukasi Konsumen melakukan pendidikan konsumen, melalui Media Radio, TV lokal di Bali dengan tujuan agar Konsumen mengetahui hak haknya yang tertuang di UUPK
-
LPKSM PERAK Kuningan menerima keluhan dari beberapa penghuni sebuah perumahan mengenai berkurangnya Ruang Terbuka Hijau (RTH) karena lahan dipergunakan untuk bangunan lain (ruko).
setelah dilakukan mediasi antara konsumen dengan pihak pengembang akhirnya pihak pengembang bersedia mengganti RTH dengan ukuran yang lebih luas seseuai dengan yang diwajibkan dalam peraturn yang berlaku yaitu Undang-undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang menyatakan bahwa setiap kota harus meyediakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) minimal 30% dari luas wilayah kota dimana 20% berupa RTH publik dan 10% berupa RTH private. -
Beberapa kegiatan rutin kami di LPKSM Mangkunegaran Kabupaten Kendal adalah penyelenggaraan edukasi kepada masyarakat sekitar baik melalui forum diskusi, penyuluhan maupun seminar dengan menggandeng pemerintah, kepolisian maupun akademisi kampus. Selain itu kami juga ikut berperan aktip dalam monitoring metrologi tera bersama dinas metrologi dan tertib ukur kabupaten, serta pengawasan barang dan jasa yang beredar dilingkungan. Adapun kegiatan advokasi, paling banyak masih didominasi pengaduan konsumen koperasi, fintek P2P, finance dan lembaga keuangan bank/non bank. Bahkan beberapa bulan terakhir banyak masyarakat kelompok korban arisan online.
-
@hukumonline keberhasilan LKY dalam penyelesaian sengketa:
- Penyelesaian sengketa
- Advokasi kebijakan
- Pendidikan konsumen
Penyelesaian sengketa, LKY menyelesaikan sengketa-sengketa konsumen yang dilaporkan oleh masyarakat, penyelesaian dilakukan secara non-litigasi (mediasi)
Advokasi kebijakan : LKY memberikan masukan kepada pihak-pihak terkait baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah terkait kebijakan-kebijakan yang mengatur perlindungan konsumen
Pendidikan konsumen: LKY melakukan pelatihan-pelatihan penyelesaian sengketa konsumen oleh masyarakat yang dalam hal ini melalui KKS (kelompok konsumen sadar)
-
@hukumonline
1.Kepuasan dalam menyelesaikan permasalahan kredit macet di salah satu BPR swasta di kab. Wonogiri yaitu dengan dialog pimpinan lembaga tersebut hingga mengerucut suatu angka penyelesaian yang di setujui kedua belah pihak. Dan akhirnya selesai dalam 3 x pertemuan.
2. Penarikan produksi minuman air dalam kemasan pada produksi hari itu dalam sehari produksi yang terindikasi ada banda asing. Dengan pemberian kompensasi kerugian kepada konsumen dan penggantian barang yang sudah dibeli dengan barang baru.
Share this post