Forum

  • Top Poster
  • Website Utama

Looks like your connection to Forum was lost, please wait while we try to reconnect.

  1. Beranda
  2. Kategori
  3. Penyelesaian Sengketa
  4. Paket Belanja Online Tidak Sesuai Deskripsi

Paket Belanja Online Tidak Sesuai Deskripsi

Penyelesaian Sengketa
ecommerce belanjaonline
3
3
1444 views
Memuat Lebih Banyak Posting
  • Terlama ke Terbaru
  • Terbaru ke Terlama
  • Vote Terbanyak
Balas
  • Balas sebagai topik
Masuk untuk membalas
Topik ini telah dihapus. Hanya pengguna dengan hak manajemen topik yang dapat melihatnya.
  • A
    anisaananda Terakhir diubah oleh,

    Minggu lalu saya membeli kemeja ukuran L merek X melalui salah satu e-commerce untuk kado ulang tahun Ibu saya. Sebelum saya check-out, saya sudah memastikan ketersediaan kemeja tersebut ke penjual melalui fitur chat dan dari pihak penjual sudah menyatakan bahwa masih ada stok.

    Ketika saya membuka paket yang tiba 2 hari yang lalu, isinya bukan kemeja ukuran L merek X, namun justru kemeja ukuran XL dengan merek Y. Saya langsung menghubungi penjual melalui chat menyertakan e-receipt pembelian saya dan bukti berupa video unboxing. Awalnya tidak ada respon apapun dari penjual, respon yang saya dapatkan hanya jawaban otomatis (BOT). Akhirnya semalam penjual membalas bahwa “barang yang ada tinggal itu kak” (kemeja ukuran XL dengan merek Y) dan mengatakan bahwa barang tidak bisa diganti. Kemudian saya mengajukan komplain melalui e-commerce untuk melakukan pengembalian, namun penjual minta dikirim ke lain alamat yaitu di Yogyakarta padahal pada deskripsi toko, alamat penjual di Tangerang.

    Saya sudah menghubungi pihak e-commerce melalui aplikasi dan Twitter namun belum ada respon sama sekali. Ini adalah pengalaman pertama saya mendapatkan paket yang tidak sesuai pesanan saya dan saya kecewa dengan pihak e-commerce yang tidak membantu dalam penanganan masalah ini. Apa yang seharusnya saya lakukan? Mohon bantuannya. Terima kasih.

    K 1 Balasan Balasan terakhir Balas Kutip 0
    • K
      kiki__feby @anisaananda Terakhir diubah oleh,

      @anisaananda

      Dalam platform e-commerce biasanya disediakan pusat resolusi untuk mendiskusikan pengajuan retur (pengembalian barang) atau refund (pengembalian dana). Sebaiknya Anda dapat berdiskusi melalui pusat resolusi tersebut.

      Selain itu, sepengetahuan saya, Anda bisa menggunakan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP PSTE) sebagai dasar hukum dalam penyelesaian masalah ini.

      1 Balasan Balasan terakhir Balas Kutip 0
      • B
        BeniSap Terakhir diubah oleh,

        Dengan menerima barang yang tidak sesuai deskripsi, artinya penjual tersebut telah melanggar hak-hak konsumen. Berdasarkan Pasal 4 huruf b UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, seorang konsumen memiliki hak untuk memilih barang dan/atau jasa serta mendapatkan barang/dan atau jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan. Dalam hal ini, pembeli sudah memilih dan membayar untuk barang yang sudah diperjanjikan, yaitu kemeja ukuran L merek X, namun barang yang tiba tidak sesuai dengan yang diperjanjikan.
        Kemudian, merujuk ke Pasal 4 huruf c UU a quo, konsumen juga punya hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa. Perilaku penjual tersebut melanggar Pasal 7 UU a quo, yaitu kewajiban untuk menyediakan informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi barang yang dijualnya. Atas pelanggaran tersebut, seorang pembeli memiliki hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian berdasarkan Pasal 4 huruf h UU a quo.

        1 Balasan Balasan terakhir Balas Kutip 0
        • Sebelumnya
        • Selanjutnya
        • 1 / 1
        • Postingan pertama
          Postingan terakhir

        Share this post

        Konsumen Cerdas Forum diskusi daring tentang hukum dan perlindungan konsumen. Ceritakan pengalaman Anda sebagai konsumen atau temukan solusi dari pengguna lainnya dengan bergabung di Forum Konsumen Cerdas.
        [email protected]
        • Pedoman Perilaku Bisnis
        • Klinik Hukum
        • Berita
        • Infografik & Video
        • Pusat Data
        • Analisis
        • Kegiatan
        • Direktori
        GIZ
        Hukum online
        Copyright 2021. All Rights Reserved
        Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi