Salah satu peserta dari perwakilan LPKSM harus menulis salah satu kasus yang menghadapi tantangan dalam menindaklanjuti pengaduan konsumen
Rincian Grup Private
administrators
Daftar Anggota
-
Tantangan LPKSM dalam menindaklanjuti pengaduan konsumen
-
Success story LPKSM dalam peningkatan pemberdayaan konsumen dan/atau penyelesaian sengketa konsumen
Salah satu peserta dari perwakilan LPKSM harus menulis salah kasus keberhasilan (success story) dari LPKSM-nya dalam peningkatan pemberdayaan konsumen dan/atau penyelesaian sengketa konsumen.
-
Tantangan dalam penyelesaian sengketa melalui BPSK
Salah satu peserta dari perwakilan BPSK harus menulis salah satu kasus yang menghadapi tantangan dalam penyelesaian sengketa di BPSK nya
-
Success Story penyelesaian sengketa melalui BPSK
Salah satu peserta dari perwakilan BPSK harus menulis salah kasus keberhasilan (success story) dari BPSK-nya dalam menyelesaikan sengketa konsumen.
-
Paket Belanja Online Tidak Sesuai Deskripsi
Minggu lalu saya membeli kemeja ukuran L merek X melalui salah satu e-commerce untuk kado ulang tahun Ibu saya. Sebelum saya check-out, saya sudah memastikan ketersediaan kemeja tersebut ke penjual melalui fitur chat dan dari pihak penjual sudah menyatakan bahwa masih ada stok.
Ketika saya membuka paket yang tiba 2 hari yang lalu, isinya bukan kemeja ukuran L merek X, namun justru kemeja ukuran XL dengan merek Y. Saya langsung menghubungi penjual melalui chat menyertakan e-receipt pembelian saya dan bukti berupa video unboxing. Awalnya tidak ada respon apapun dari penjual, respon yang saya dapatkan hanya jawaban otomatis (BOT). Akhirnya semalam penjual membalas bahwa “barang yang ada tinggal itu kak” (kemeja ukuran XL dengan merek Y) dan mengatakan bahwa barang tidak bisa diganti. Kemudian saya mengajukan komplain melalui e-commerce untuk melakukan pengembalian, namun penjual minta dikirim ke lain alamat yaitu di Yogyakarta padahal pada deskripsi toko, alamat penjual di Tangerang.
Saya sudah menghubungi pihak e-commerce melalui aplikasi dan Twitter namun belum ada respon sama sekali. Ini adalah pengalaman pertama saya mendapatkan paket yang tidak sesuai pesanan saya dan saya kecewa dengan pihak e-commerce yang tidak membantu dalam penanganan masalah ini. Apa yang seharusnya saya lakukan? Mohon bantuannya. Terima kasih.